Pagar Panel Beton Jogja I Hebel Jogja

Pagar Beton Solusi untuk Usaha Ternak Kambing !

pagar beton solusi untuk usaha ternak kambing
Bagikan Post

 

Pagar panel beton bisa menjadi solusi dalam usaha kambing pedaging terutama dalam proses pembuatan kandang kambing. Kita tahu bahwa untuk usaha kambing pedaging membutuhkan jaminan keamanan sehingga pagar menjadi kebutuhan wajib.

Persoalannya adalah biaya pembuatan pagar membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup lama. Jika kita tidak jeli dalam memilih jenis pagar maka kita akan terbebani biaya yang sangat banyak.

Dua persoalan tersebut menjadi alasan Bapak Agung (Owner Ternak Kambing Kulonprogo) menghubungi Multicon Jaya Beton untuk memasang pagar panel beton di Kulonprogo. Selain biaya dan waktu, Bapak Agung menuturkan bahwa kendala pembuatan pagar di Kulonprogo adalah masalah tenaga kerja yang cukup sulit untuk mendapatkan tenaga kerja yang profesional.

Biaya pagar panel beton lebih terjangkau

Sudah banyak yang mengulas terkait perbandingan biaya pemasangan pagar dengan menggunakan panel beton, bata merah dan batako.

Hasil penelitain menunjukkan bahwa biaya pemasangan pagar panel beton lebih terjangkau dibanding pagar batako dan pagar bata merah. Untuk pemasangan pagar per 1 m² dengan bahan panel beton membutuhkan biaya Rp 170.000, untuk pagar dengan material batako membutuhkan biaya Rp 373.900 sedangkan pagar dengan menggunakan bata merah membutuhkan biaya Rp 421.900

Untuk informasi detail terkait perbandingan biaya pemasangan pagar ini bisa dibaca di sini .

Pagar panel beton lebih kuat

Kuat tekan beton pafa pagar panel beton bisa mencapai K225-K400 yang artinya material pagar beton bisa menahan beban/tekanan sebanyak 225 kg/cm². Sedangkan kuat tekan batako dan bata merah hanya mencapai K5 yang artinya hanyabisa menahan beban/tekanan sebanyak 5 kg/cm².

Selain kuat tekan, pagar panel beton juga lebih unggul karena memiliki berat jenis yang paling tinggi dibanding batako dan bata merah.

Untuk informamsi lebih detail terkait perbandingan kekuatan antara pagar panel beton, batako dan bata merah bisa kita baca di sini.

Proses Pemasangan Pagar

Beberapa tahapan dalam pemasangan pagar panel beton adalah survei lokasi, penentuan titik pemasangan pagar, pemasangan kolom dan daun panel dan finishing pada tahap terakhir.

1. Survei lokasi

Tahapan ini merupakan tahapan paling awal dalam pemasangan pagar panel beton. Kegiatan survei bertujuan untuk mengetahui medan pemasangan, kontur tanah, panjang pagar dan akses jalan truk sampai ke lokasi.

2. Penentuan titik pemasangan pagar

Titik awal pemasangan pagar umumnya mengikuti denah bangunan dan patok batas tanah. Dua hal ini menjadi acuan dalam penentuan pemasangan pagar. Kita harus benar-benar memastikan bahwa pagar yang dibangun tidak overlap dengan tanah milik orang lain.

3. Pemasangan kolom dan daun panel

Pemasangan kolom pagar dimulai setelah masalah batas tanah/bangunan clear and clean. Umumnya tenaga lapangan akan memasang patok utama terlebih dahulu dan membiarkan adukan semen pasirnya mengering agar kolom tersebut bisa berdiri kokoh.

Setela kolom utama ini berdiri kokoh makan daun panel bisa kita pasang secara kontinyu sampai semua bagian tanah terpagari dengan pagar panel beton.

4. Finishing (perapian)

Finishing merupakan bagian akhir dari pemasangan pagar panel beton. Proses ini akan merapikan bagian pagar yang belum rapi saat proses pemasangan. Finishing memiliki peran yang cukup penting karena dalam kenyataan di lapangan seringkali ada bagian pagar yang masih butuh perapian dan penguatan.

Harga Pagar Panel Beton Terbaru di Jogja

Harga pagar panel beton di Jogja bervariatif tergantung volume, tinggi pagar dan kelas mutu beton. Jika volume pagar banyak maka harganya bisa lebih murah, jika kelas mutu beton tinggi maka biaya semakin mahal (umumnya cukup pakai K225), sedangkan jika pagar semakin tinggi maka biayanya semakin mahl.

Berikut adalah price list harga pagar beton di Jogja dan Jawa Tengah

TINGGI PAGARUKURAN PANEL UKURAN KOLOMHARGA PER M'
160 CM240X40X5 CM 240X18X18 CM 330.000
200 CM 240X40X5 CM 280X18X18 CM410.000
240 CM240X40X5 CM 320X18X18 CM495.000
280 CM240X40X5 CM 370X18X18 CM575.000
320 CM240X40X5 CM 425X18X18 CM645.000

Keterangan : Harga tersebut sudah meliputi jasa pasang pagar, material pagar, material fondasi khusus untuk kolom, biaya pengiriman dan jasa pemasangan fondasi khusus kolom.

Cara Pemesanan Pagar Precast

Pemesanan pagar precast sangat mudah karena dapat dilakukan via telpon dan whatsApp. Berikut adalah cara pemesanan pemasangan pagar precast sleman.

  1. Hubungi kontak kami: Tim kami akan melayani kebutuhan anda dengan sepenuh hati. Kontak kami di sini ;
  2. Berikan data lengkap:  jenis produk, volume, lokasi proyek dan akses truk ke lokasi proyek;
  3. Survei lokasi: Tim kami akan survei lokasi proyek (untuk paket harga terpasang) untuk memastikan akses jalan bisa dilalui kendaraan truk kami;
  4. Lakukan pembayaran:  Segera lakukan pembayaran jika sudah setuju dengan harga yang telah disepakati setelah survei. Tahapa pembayaran meliputi komitmen fee/DP, pembayaran tahap 1 (30-50%) setelah material sampai di lokasi proyek kemduian pelunasan.

4 Hal yang Mempengaruhi Harga Pagar

Terdapat 4 hal yang umumnya berpengaruh terhadap harga pagar precast. Oleh karena itu kita perlu mengetahuinya terlebih dahulu agar kita tidak kaget saat pihak penjual pagar precast memberikan daftar harga yang berbeda denngan tabel yang kita dapatkan.

Seringkali kita hanya melihat daftar harga secara cepat tanpa membaca keterangan secara utuh sehingga ketika pihak marketing memberikan harga yang berbeda kita kaget dan menyalahkannya. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa mempengaruhi harga pagar precast sleman.

1. Tinggi Pagar Precast

Salah satu variabel penentu harga pagar precast adalah ketinggian pagar. Jadi meskipun panjang pagarnya sama (misal sama-sama 100 m) namun jika tinggi pagar berbeda maka harga pagar per m¹ otootasi akan berbeda pula.

Pada prinsipnya harga pagar precast akan mengikuti tinggi pagar yang akan kita pasang. Semakin tinggi pagar maka harganya akan semakin mahal. Oleh karena buatlah perencanaan pagar terlebih dahulu sebelum menghubungi pihak marketing.

Secara umum tinggi pagar precast adalah 1.6 m, 2 m, 2.4 m, 2.8 m dan 3.2 m. Selisih tinggi pagar adalah 40 cm karena tinggi daun panel beton umumnya adalah 40 cm. Nah, sekarang kita sudah paham kan kenapa harga pagar precast berbeda-beda berdasarkan ukuran tingginya.

2. Kelas Mutu Beton

Selain tinggi pagar, kelas mutu beton merupakan variabel yang menentukan perbedaan harga pagar precast sleman. Pada prinsipnya semakin tinggi kelas mutu beton pagar precast maka harganya akan semakin mahal.

Pagar precast yang umum di pasaran adalah pagar precast dengan mutu beton K225. Artinya material pagar precast tersebut mampu menahan beban atau tekanan sebesar 225 kg/cm². Untuk pagar rumah atau gudang sudah cukup kuat menggunakan K225 karena pagar sangat mat jarang mendapat tekana sebesar itu.

Namun jika kita berminat memasang pagar precast dengan kelas mutu beton K250, K275 dan K300 jangan khawatir karena umumnya pabrik pagar precast bisa melayaninya. Perbedaan mendasar pada masing-masing kelas mutu beton adalah proporsi semen portland pada adonan beton. Dengan kata lain semakin tinggi kelas mutu beton maka proporsi semen semakin tinggi.

Note : Untuk mengetahui perbedaan kelas mutu beton silahkan baca di sini

Selain komposisi semen pada adonan beton, hal lain yang menentukan kelas mutu beton adalah proporsi air. Kita tahu bahwa dalam proses pembuatan beton kita membutuhkan air sebagai media untuk mempermudah dan mempercepat perekatan antar material (pasir, semen dan batu koral). Semakin sedikit komposisi air pada adonan beton maka kelas mutu beton akan samakin tinggi.

3. Lokasi Proyek

Produsen pagar precast umumnya telah menetapkan jangkauan wilayah pelayanan. Misalnya CV Multicon Jaya Beton melayani pemasangan pagar precast untuk wilayah Jogja dan Jawa Tengah.

Artinya harga yang tersedia pada tabel tersebut merupakan harga khusus wilayah Jawa Tengah dan Jogja. Jika pembeli berada di luar daerah tersebut maka harganya akan berbeda.

Selain jangkauan area pelayanan, yang dimaksud dengan lokasi proyek adalah akses jalan kendaraan ke lokasi pemasangan. Apakah armada truk bisa sampai lokasi pemasangan. Jika teruk bisa sampai ke lokasi pemasangan  maka tidak ada pekerjaan tambahan berupa langsir manual. Langsir material pagar secara manual (oleh tenaga pemasang) akan dikenakan biaya tambahan.

4. Volume Pagar Precast

Dalam dunia proyek konstruksi volume pekerjaan sangat menentukan besar kecilnya keuntungan juga menentukan besar kecilnya kerugian. Umumnya pabrik penghasil pagar precast akan berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalisir kerugian dengan cara menentukan batas minimal pesanan.

Kebijakan ini cukup rasional karena material pagar precast memiliki beban dan ukuran yang cukup besar sehingga membutuhkan banyak tenaga dan alat transportasi untuk bisa membawa material pagar ke lokasi proyek. Jika volumenya kecil maka produsen pagar precacst akan mengalami kerugian.

Oleh karena itu produsen pagar precast umumnya menentukan batas minimal pemasangan pagar. Jika kita menghendaki pemasangan pagar precast dengan panjang kurang dari 50 m maka harganya akan berbeda atau lebih mahal.

Namun jangan khawatir, ada cara jitu agar kita tetap mendapatkan harga normal meskipun volumenya kurang dari 50 m yaitu menunggu adanya pemasangan pagar yang tidak jauh dari lokasi kita. Umumnya pabrik pagar precast akan melayaninya dengan harga normal meskipun pesanan kurang dari 50 m.