Pagar Panel Beton Jogja I Hebel

5 Jenis Tanaman Pagar yang Cocok Untuk Rumahmu

Tanaman Teh-tehan untuk pagar rumah
Bagikan Post

 

Tanaman pagar merupakan tumbuhan yang ditanam di tepi sebagai pembatas antara ladang dengan jalan, pembatas antara petak ladang dengan petak lainnya, pembatas rumah dengan jalan yang mana tanaman tersebut mampu mempercantik penampilan rumah.

Kelebihan tanaman sebagai pagar adalah memberikan kesan kesejukan, ketentraman dan ketenangan pada penghuni rumah sekaligus sebagai pemasok oksigen dan pembersih udara. Oleh karena itu penggunaan tanaman sebagai pagar rumah adalah pilihan tepat saat ini.

Pagar panel beton memang terlihat paling kokoh dan kuat namun tidak semua orang menyukai hal tersebut terutama kamu yang punya rumah minimalis. Sebagian masyarakat malah memilih kesan sejuk dan tenang sehingga memilih tanaman sebagai pagar rumahnya.

BACA JUGA: 15 Desain Pagar Yang Bikin Rumahmu Kelihatan Wah !

Namun kita harus tahu bahwa tidak semua tanaman cocok untuk pagar rumah. Berikut adalah jenis-jenis tanaman yang cocok untuk pagar rumah.

1. Pucuk Merah

Pucuk Merah 1 Multicon Jaya Beton
Tanaman Pucuk Merah

Pucuk merah merupakan jenis tanaman hias yang banyak dimanfaatkan sebagai pagar rumah. Tanaman pucuk merah masuk dalam klasifikasi famili Myrtaceae yang sama dengan tanaman cengkih. Tajuk dan daun tanaman pucuk merah menyerupai tanaman cengkih.

Kekhasan pucuk merah terletak pada pucuk daun mudanya yang berwarna merah dan orange. Jika kita dari kejauhan tanaman ini kelihatan seperti sedang berbunga padahal yang tampak tersebut sebenarnya adalah pucuk daun muda.

Pucuk Merah memiliki kemampuan menyerap karbon dioksida (CO2) yang banyak sehingga banyak ditnaman di pinggir jalan. Hal ini terlihat dari laju fotosintesis dan kandungan timbal (PB) daun pucuk merah. Dengan demikian, menanam pucuk merah di rumah akan sekaligus menjadi air purifier alami yang sangat hemat biaya.

Pucuk Merah By Multicon Jaya Beton
Tanaman Pucuk Merah

Perawatan pucuk merah cukup mudah yakni dengan memotong ujung-ujung tanaman agar tunas baru bisa tumbuh dan memunculkan daun mudanya. Semakin banyak tunas baru maka penampilan tanaman pucuk merah akan semakin menawan. Dengan perawatan yang rutin, tanaman pucuk merah bisa menjadi pagar tanaman yang cantik di rumahmu.

2. Bambu

Tanaman Bambu Pagar Rumah
Tanaman Bambu Untuk Pagar Rumah

Bambu merupakan salah satu tanaman yang tepat untuk pagar rumah. Jenis tanaman ini memiliki variasi bentuk kulit, batang dan warna daun yang beragam sehingga kita bisa memilih jenis mana yang tepat untuk pagar rumah. Kesan yang muncul saat pagar rumahmu berpagar tanaman bambu adalah kesejukan dan nuansa pedesaan.

Bagian rumah yang bersifat privat juga tepat ditanami bambu misalnya kolam renang. Sebagian masyarakat mempercayai bahwa bambu adalah jenis tanaman yang membawa hoki atau keberuntungan dan dapat menghilangkan kesan angkuh kepada penghuni rumah.

Bambu untuk pagar kolam renang Multicon Jaya Beton
Tanaman Bambu Untuk Kolam Renang Privat

Namun tidak semua jenis bambu bisa dijadikan sebagai pagar rumah karena ada jenis bambu yang memiliki ukuran yang sangat besar dan tinggi. Oleh karena itu kamu harus hati-hati dalam memilih jenis tanaman bambu yang cocok untuk pagar rumah.

Tiga jenis tanaman bambu yang cocok sebagai pagar rumah yaitu jenis bambu jepang, bambu kuning, dan bambu air. Jenis bambu kuning memiliki warna kuning yang khas pada batangnya sehingga memberi kesan kesejukan saat kamu melihatnya. Bambu jenis ini bisa tumbuh 4-9 meter sehingga cocok sebagai pagar hidup.

Tanaman Bambu Kuning Untuk Pagar Multicon Jaya Beton
Tanaman Bambu Kuning

Jenis bambu Jepang memiliki warna hijau dan daun yang rimbun hampir pada setiap batangnya namun ukuran batangnya tetap kecil sehingga tetap kelihatan cantik saat terpampang di depan rumah. Ciri-cirinya adalah batang tegak berwarna hijau kelabu, tinggi sekira 4-5 meter dengan diameter 3 cm, dan panjang ruas sekira 30 cm. Sedangkan jenis bambu air memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan bambu Jepanag hanya saja ia tumbuh dengan baik di air.

Tanaman Bambu Air untuk Pagar Rumah
Tanaman Bambu Air

Meski tanaman bambu banyak digunakan masyarakat untuk pagar rumah namun tentu saja tanaman ini memiliki kekuarangan. Invasive Spesies, tanaman ini termasuk dalam kategori jenis tanaman invasive yang artinya jika kondisi lingkungan mendukung pertumbuhannya maka ia akan berkembang biak secara cepat sehingga mendominasi lahan. Kondisi ini mengharuskanmu untuk rajin membatasi pertumbuhannya dengan cara memangkas atau mencabut bambu muda yang tumbuh tidak sesuai keinginan.

3. Teh – Tehan

Tanaman Teh-tehan untuk pagar rumah
Tanaman Teh-Tehan Sebagai Dinding dan Pagar Rumah

Teh – tehan merupakan jenis tanaman yang paling sering kita jumpai sebagai pagar rumah. Tanaman ini memiliki karakteristik tumbuh bergerombol, cabang yang banyak dan daun yang lebat sehingga sangat tepat untuk pagar rumah. Ketika tanaman ini tumbuh optimal maka hampir tidak ada celah antara pohon satu dengan yang lain sehingga sangat sulit untuk menembusnya.

Bentuk tanaman teh – tehan beragam, Tanaman ini sangat mudah dibentuk sesuai keinginan kita. Ada yang yang berbentuk memanjang, bulat dan ada juga yang berbentuk boxwood. Bentuk ramping memanjang merupakan dekorasi teh – tehan yang paling populer di masyarakat. Hal ini terjadi karena bentuk pagar rumah umumnya memanjang selain itu proses dekorasi seperti ini sangat gampang tinggal menanam tanaman tersebut secara berjajar dengan jarak yang rapat.

Boxwood tanaman teh-tehan untuk pagar rumah
Boxwood Teh-Tehan

Selain bentuk ramping memanjang, banyak juga masyarakat yang mengkreasikan bentuk tanaman ini berbentuk bulat oval sehingga memberi kesan unik dan cantik pada rumah. Bentuk-bentuk ini tinggal menyesuaikan selera pemilik rumah dan bentuk rumah.

Boxwood, yaitu berupa tanaman teh – tehan berbentuk bulat yang tumbuh dalam sebuah kotak kayu atau kotak tembaga persis seperti bentuk es krim. Boxwood juga merupakan pilihan yang bagus untuk tanah. Itu menambah pesona gaya taman ketika kita pangkas dan bentuk menyerupai bentuk bola. Jika tinggi bukan faktor utama pada layar privasi Anda, Anda tidak perlu menunggu boxwood bertambah tinggi sebelum mencapai hasil yang Anda inginkan.

4. Cemara Kipas

 

Cemara Kipas untuk pahar rumah
Cemara Kipas untuk Pahar Rumah

Cemara Kipas merupakan jenis tanaman hias yang cocok untuk pagar rumah. Tajuknya unik, berbentuk piramida (kerucut), dengan percabangan yang mulai rapat dari permukaan tanah. Daun yang selalu hijau (evergreen) membuat tanaman ini semakin cantik dipampang di depan rumah. Tanaman ini termasuk tanaman pendek yakni hanya bisa tumbuh maksimal 7 m sehingga sangat tepat menjadi pagar rumah. Cemara kipas dapat tumbuh di dataran rendah naupun dataran tinggi. Namun ia akan tumbuh optimal pada daerah dengan ketinggian 1000 meter dpl.

Cemara kipas sangat mudah dibentuk sesuai keinginan kita karena memiliki daun yang lebat dan cabangnya yang tumbuh dari bawah (mendekati permukaan tanah).  Pohon cemara kipas juga dapat berfungsi sebagai penahan angin. Kayunya pun ringan, lembut dan beraroma sehingga bisa berfungsi sebagai pengusir ngengat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun cemara kipas dapat di manfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengobati kudis, salesma, amenore, rematik, demam, dan batuk. Nah, semkain lengkap kan manfaat dari cemara kipas. Cocok sekali untuk pagar rumahmu !

5. Kaktus

Tanaman Kaktus sebagai pagar rumah
Tanaman Kaktus

Kaktus sudah terkenal sejak dulu sebagai tanaman yang mampu tumbuh di daerah kering. Namun belakangan tanaman ini banyak tumbuh di daerah tropis baik sebagai tanaman hias maupun sebagai tanaman pagar.

Terdapat beberapa jenis kaktus yang cocok untuk pagar rumah. Kaktus candi merupakan kaktus yang berasal dari Amerika yang cocok sebagai tanaman pagar rumah. Tingginya bisa mencapai hampir 2 meter. Kaktus mempunyai bentuk seperti kastil dan paling cocok untuk pagar rumah. Sebenarnya bentuk kaktus candi ini sangat umum sekali, tapi setelah tumbuh besar akan menyerupai candi karena akan memiliki banyak anakan.

Tanaman Kaktus sebagai pagar rumah
Tanaman Kaktus di Ruang Makan

Kaktus bisa menjadi solusi sempurna untuk kamu yang tinggal di daerah yang kering seperti di NTT. Deretan kaktus setinggi 2 meter di depan rumah akan memberi kesan yang khas pada rumahmu.

Kelebihan kaktus adalah ia mampu bertahan hidup meskipun di daerah yang kering yang kurang air. Kondisi ini cocok untuk kamu yang memiliki kesibukan yang tinggi namun ingin memiliki tanaman pagar rumah yang evergereen dan tidak perlu penyiraman setiap hari.



Pagar Panel Beton Termurah di Jogja – Jateng

Multicon selalu mengutamakan kualitas produk. Sebagai perusahaan yang berpengalaman di bidang beton precast utamanya pagar beton, kami hanya menyediakan pagar beton yang berkualitas untuk masyarakat Jateng dan Jogja. Untuk Anda masyarakat Jateng dan DIY, kami selalu siap membantu mewujudkan lingkungan yang nyaman dan aman dari gangguan luar. Amankan aset anda dengan pagar beton.

Baca : Pagar Beton Termurah di Jateng – Jogja

Harga pagar beton dari Multicon dijamin paling terjangkau untuk masyarakat Jateng dan DIY.  Penggunaan teknologi mutakhir dalam memproduksi beton precast membuat kami sangat efisien waktu dan biaya sehingga kami mampu memberikan pagar beton berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk mendapatkan harga terbaik dari kami, silahkan klik/hubungi kami di sini.

Cara Pemesanan Pagar Beton 

  1. Hubungi kontak kami: Tim kami akan melayani kebutuhan anda dengan sepenuh hati;
  2. Berikan data lengkap:  jenis produk, volume dan lokasi proyek;
  3. Survei lokasi: Tim kami akan survei lokasi proyek (untuk paket harga terpasang) untuk memastikan akses jalan kendaraan truk kami;
  4. Lakukan pembayaran:  Segera lakukan pembayaran jika sudah setuju dengan harga;